Popular Post

Posted by : lailatul zannah Rabu, 07 Oktober 2015



Kota Gresik (Budaya, Makanan, Ciri Khas)
  
Gresik adalah kota yang terletak di sebelah utara kota Surabaya. Bagian dari provinsi Jawa Timur Merupakan daerah yang mempunyai banyak sejarah dan tradisi.

 Salah satu tradisi budaya dari Gresik adalah Pasar Bandeng.Pasar Bandeng adalah salah satu tradisi warisan dari Sunan Giri yang hingga saat ini masih dilestarikan oleh warga Gresik. Setiap tahunnya warga Gresik mengadakan acara ini, biasanya dilaksanakan selama dua hari sebelum Hari Raya Idul Fitri. Pada saat itu Sunan Giri menggiatkan penjualan ikan bandeng untuk meningkatkan perekonomian. Sangat menyenangkan apabila teman-teman semua bisa mengunjungi tradisi budaya yang satu ini. Karena banyak sekali ikan bandeng yang dijual, penjual ikan bandeng berkumpul menjadi satu di Pasar Kota Gresik. Bahkan, ada bandeng yang besar bukan main.
 Berbicara soal makanan.

 Pasti semua tidak sabar apa makanan yang enak dan khas dari kota Gresik ini. Pudak makanan ringan khas Gresik ini selalu dicari banyak orang. Makanan yang terbuat dari tepung beras ini begitu enak, legit, kenyal! Saya rasa teman-teman semua wajib untuk mencobanya jika berkunjung ke Gresik. Teman-teman semua bisa mendapatkan dengan mudah oleh-oleh khas Gresik yang satu ini. Bukan hanya pudak, ada yang lain seperti cubung, jenang ayas, nasi krawu,dan es legen! waa saya rasa ini benar-benar perlu anda coba. 
Ciri khas kota Gresik adalah Damar Kurung ciri khas yang dimiliki kota Gresik. Sudah tahu bukan damar kurung itu seperti apa? Biasanya berbentuk kotak dan di dalamnya diberi lampu. Dan yang pasti dibagian luarnya akan diberi gambar-gambar yang seperti cerita. Gresik mempunyai seniman tua damar kurung yang terkenal yaitu Masyumdari. Bagus bukan? Jangan lupa membeli souvenir 

 lampu khas kota Gresik ini.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © lailatulzannah - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -